Hampir sebagian besar masyarakat di Indonesia pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah “kerokan”? apalagi seperti saat musim hujan kita sering kali masuk angin dan kerokan merupakan salah satu solusi ampun untuk menghilangkan masuk angin.

Biasanya setelah kita di kerok maka tubuh kita akan merasa sehat dan tubuh kita akan mengeluarkan warna merah dan diyakini pada sebagian besar orang itu merupakan petanda bahwa Anda kemasukan angin secara berlebihan.

Namun, fakta nya adalah warna merah itu merupakan pertanda pembuluh darah halus (kapiler) di bawah permukaan kulit pecah sehingga terlihat sebagai jejak merah di tempat yang di kerok.

Dan secara ilmu medis kerokan (Scraping Therapy) adalah salah satu metode memperlebar pembuluh darah tepi yang menutup (vasokontiksi) menjadi semakin melebar atau yang biasa disebut (vasaditilasi).

Kenapa Setelah Kerokan Tubuh Kita Merasa Sehat?

Ternyata hal tersebut dikarenakan adanya goresan karena kerokan sehingga hal ini dapat dengan cepat melepaskan penyumbatan dalam tubuh Anda yang disebabkan oleh darah stagnan sehingga manfaat kerokan bagi kesehatan.

Dan biasanya setelah kerokan kita akan berkeringat dan meningkatkan sirkulasi darah yang membantu untuk menormalkan proses metabolisme sel dan melepaskan limbah beracun dari jaringan sel dalam tubuh. Hal ini juga meningkatkan sirkulasi darah untuk membantu mengoksidasi sel-sel Anda serta memelihara mereka.

Baca Juga : Penyebab Kepikunan

Berikut Di Bawah Ini Adalah Beberapa Manfaat Kerokan Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui:

Memberikan Nutrisi dan Mendetoksifikasi

Diketahui manfaat kerokan bagi kesehatan memiliki dua fungsi utama di mana keduanya memberikan nutrisi dan mendetoksifikasi dan bisa digunakan sebagai tindakan stroke yang digunakan untuk melepaskan petechiae ke permukaan kulit, memaksa lebih banyak darah dan oksigen ke area yang dirawat dan membantu untuk memelihara sel-sel.

Menghilangkan Sel-sel Darah Mati

Terjadinya perubahan warna kulit setelah kerokan itu menjadi salah satu indikasi bahwa manfaat kerokan bagi kesehatan dapat menghilangkan sel-sel darah mati serta racun lain yang muncul terhadap kulit selama proses kerokan.

Dapat Mencegah Penyakit

Selain menyembuhkan penyakit ternyata kerokan dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang untuk mencegah penyakit dan membantu menurunkan berat badan. Karena pada saat terjadinya goresan saat kerokan serum darah akan diproduksi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Berbagai Macam Warna Kulit Setelah Kerokan dan Indikasinya

  • Kerokan pada kulit berwarna sangat terang merah mengindikasikan Anda kekurangan darah.
  • Kerokan pada kulit berwarna merah segar mengindikasikan Anda baru masuk angin.
  • Kerokan pada kulit berwarna ungu atau hitam mengindikasikan darah stasis dalam jangka panjang.
  • Kerokan pada kulit berwarna coklat mengindikasikan darah mungkin kering.
  • Kerokan pada kulit berwarna merah gelap dapat mengindikasikan panas dalam darah.

Jangan Lakukan Hal Ini Setelah Kerokan!

Setelah kerokan Anda dilarang untuk mandi karena pori-pori dalam kulit masih terbuka dan hindarilah berkendara terutama menaiki motor karena bisa saja angin bisa memasuki pori-pori tubuh Anda.

Itulah tadi beberapa khasiat kerokan bagi kesehatan tubuh Anda dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.