Pada umumnya kepikunan sering menyerang seseorang yang sudah memasuki usia tua atau bahkan kita yang masih muda pun bisa mengalami contohnya saja kita sering mengalami lupa menyimpan kunci maupun barang lainnya.

Kemungkinan kepikunan ataupun kehilangan memori tersebut diakibatkan oleh meningkatnya usia sehingga penurunan fungsi kognitif otak pun meningkat dan akhirnya penurunan tersebut bisa mengakibatkan gangguan atau hilangnya daya mengingat atau yang biasa disebut kepikunan.

Diketahui kepikunan ataupun kehilangan memori jangka pendek yang mengganggu kehidupan sehari-hari, dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya:

Penyebab Kepikunan yang Perlu Anda Waspadai

Karena Obat

Penyebab kepikunan yang pertama adalah karena sejumlah resep dan obat-obatan dapat mengganggu atau menyebabkan hilangnya memori. Kemungkinan obat-obatan tersebut diantaranya: antidepresan, antihistamin, obat anti-kecemasan, muscle relaxants, obat penenang, obat tidur, dan obat sakit diberikan setelah operasi.

Karena Minuman Beralkohol

Diketahui minuman beralkohol, tembakau, dan penggunaan narkoba telah lama dikenal sebagai penyebab kepikunan, sehingga obat-obatan terlarang dapat mengubah zat kimia dalam otak yang dapat membuat sulit untuk mengingat kenangan.

Karena Rokok

Merokok merugikan memori dengan mengurangi jumlah oksigen yang sampai ke otak. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang merokok merasa lebih sulit untuk mengingat wajah kenalan yang baru daripada seseorang yang tidak merokok.

Kurang Tidur

Kuantitas dan kualitas tidur adalah sesuatu hal yang sangat penting untuk memori. Karena tidur terlalu sedikit atau terbangun sering di malam hari dapat menyebabkan kelelahan, yang mengganggu kemampuan untuk mengkonsolidasikan dan mengambil informasi sehingga dapat menjadi penyebab kepikunan.

Depresi dan Stress
 
Merasa depresi dan stress ternyata dapat membuat kita sulit untuk berkonsentrasi dan fokus, yang dapat mempengaruhi memori. Dan stres yang disebabkan oleh trauma emosional juga dapat menyebabkan hilangnya memori.

Kekurangan Nutrisi

Tahukah Anda bahwa dengan asupan nutrisi yang baik termasuk protein berkualitas tinggi dan lemak merupakan sesuatu hal penting untuk fungsi otak yang tepat. Karena kekurangan vitamin B1 dan B12 secara khusus dapat mempengaruhi memori.

Karena Cedera Di Kepala

Sebuah pukulan parah di kepala ataupun terjatuh atau kecelakaan di mobil bisa saja melukai otak dan menyebabkan kehilangan memori jangka pendek maupun jangka panjang.

Karena Stroke

Stroke terjadi ketika pasokan darah ke otak dihentikan karena penyumbatan pembuluh darah ke otak atau kebocoran pembuluh darah ke otak. Stroke sering menyebabkan kehilangan memori jangka pendek dan mejadi penyebab kepikunan.

Karena Demensia

Demensia adalah nama untuk hilangnya progresif ingatan dan aspek lain dari pemikiran yang cukup berat sehingga mengganggu kemampuan untuk berfungsi dalam kegiatan sehari-hari.

Meskipun ada banyak penyebab demensia termasuk penyakit pembuluh darah, penyalahgunaan obat atau alkohol, atau penyebab lain dari kerusakan otak yang paling umum dan akrab adalah penyakit Alzheimer penyakit ini ditandai dengan hilangnya progresif sel-sel otak dan penyimpangan lain dari otak.

Penyebab Lain

Penyebab lain yang dapat menjadi penyebab kepikunan mungkin termasuk: kelenjar kurang aktif atau tiroid yang terlalu aktif dan infeksi seperti HIV, TBC, dan sifilis yang mempengaruhi otak.

Cara Mengobati Kepikunan


  • Pengobatan untuk kepikunan tergantung pada penyebabnya karena dalam banyak kasus mungkin dipulihkan dengan pengobatan. Misalnya, kehilangan memori dari obat dapat mengatasi dengan perubahan dalam pengobatan.
  • Dan Anda bisa mengkonsumsi suplemen gizi yang dapat berguna terhadap kehilangan memori disebabkan oleh kekurangan gizi.
  • Dan mengobati depresi dapat membantu untuk mengobati kepikunan ketika depresi adalah faktor utama.
  • Dalam beberapa kasus seperti stroke terapi dapat membantu orang untuk mengingat bagaimana melakukan tugas-tugas tertentu seperti berjalan atau mengikat sepatu.
Itulah tadi beberapa penyebab kepikunan yang harus Anda waspadai agar terhindar dari kepikunan dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.