Penyakit Hernia atau biasa disebut oleh masyarakat kita dengan turun berok adalah penyakit yang berhubungan dengan kekuatan otot. Secara medis, pengertian definis dari penyakit ialah tidak mampunya otot menahan bagian tubuh lain akibat otot melemah.

Ada banyak obat turun berok yang beredar di pasaran, namun mari bahas apa saja jenis penyakit tersebut juga gejalanya. Penyakit turun berok atau hernia dapat diderita oeh laki-laki atau juga perempuan. Gejalanya meliputi merasa nyeri di salah satu bagian tubuh seperti perut dan tubuh terasa lemas. Berikut beberapa faktor penyebab seseorang mengalami turun berok:

  • Mengejan terlalu keras: Mengejan di sini bisa berupa melahirkan, menahan beban, dan lain-lain.
  • Kehamilan: Wanita yang sedang hamil dapat mengalami turun berok karena adanya tekanan pada bagian tubuh.
  • Kenaikan berat tubuh dengan waktu singkat: Seseorang yang mengalami kenaikan berat tubuh secara singkat beresiko menderita turun berok.
  • Batuk berat: Penderita batuk berat juga dapat mengalami turun berok akibat tekanan dari batuk tersebut.
Setelah mengetahui beberapa faktor agar menemukan obat turun berok yang pas, ini dia macam-macam penyakit turun berok atau hernia yang sering ditemukan oleh para dokter.

Hernia Inguinalis

Hernia jenis ini lebih sering diderita laki-laki, namun tidak kemungkinan wanita juga dapat mengalaminya. Gejala dari hernia jenis ini ialah nyeri di bagian perut hingga selangkangan. Penyakit hernia inguinalis terjadi karena salah satu jaringan pada bagian di rongga perut mencuat ke bagian sekitar selangkangan.

Hernia Femoralis

Bila penyakit hernia yang sebelumnya lebih sering diderita laki-laki, jenis hernia yang kedua ini lebih sering dialami oleh wanita IDO. Gejala yang muncul ketika seseorang menderita penyakit hernia femoralis ialah rasa nyeri bagian perut bawah hingga ke paha bagian dalam. Senelum diberi obat turun berok ahli medis akan memastikan bahwa penyebab utama penyakit ini memang sesuai yaitu dikarenakan jaringan pada bagian rongga perut mencuat ke bagian sekitar paha dalam.

Hernia Otot

Sesuai namanya, hernia jenis ini berpusat menyerang bagian otot dalam tubuh. Hernia ini biasa terjadi diakibatkan kesalahan ketika bergerak seperti ketika berolahraga. Gejalanya timbul nyeri di bagian otot yang mengalami gangguan.

Hernia Insisi

Hernia berikutnya yang membutuhkan obat turun berok adalah hernia  dengan jenis Hernia Insisi di mana penyebab utamanya adalah karena proses penyembuhan pasca operasi belum maksimal. Operasi pada bagian perut paling sering menimbulkan penyakit ini.

Hernia Umbilikus

Jenis hernia yang terkahir ini adalah hernia yang biasanya menyerang bayi diakibatkan tidak sempurnanya proses penutupan lubang tali pusar ketika bayi tersebut lahir. Tetapi orang dewasa juga dapat mengalaminya dan diakibatkan oleh tekanan secara berlebihan pada bagian abdomen.

Ada banyak obat turun berok yang beredar di pasaran, namun secara medis turun berok atau hernia diobati dengan dua cara yaitu obat-obatan serta operasi. Kedua pengobatan tersebut tergantung pada jenis dan tingkatan hernia yang diderita. Langkah operasi akan diambil dengan beberapa syarat seperti konsisi kesehatan, kondisi hernia itu sendiri, gejala yang sering dialami penderita, hingga letak hernia.

Ada beberapa jenis hernia yang tidak membutuhkan obat turun berok seperti hernia hiatus yang merupakan hernia umbilikus yang biasanya akan sembuh sendiri. Itu dia ulasan seputar penyakit hernia atau turun berok. Semoga bermanfaat dan menambah informasi.